Home | Sitemap | Excel Tips and Tricks | Technology | Cerita Unik


Welcome to My Blog

Banyak pengguna excel menggunakan salah satu software spreadsheet canggih microsoft ini hanya sebagai alat bantu hitung. Padahal sebenarnya banyak sekali fitur-fitur excel yang sangat bermanfaat apabila kita mengetahuinya. Melalui Blog ini saya ingin berbagi beberapa fitur hebat lain excel pada anda. Selamat Mencoba!

Minggu, 30 Agustus 2009

Excel Tips: Fungsi Ekstrak Huruf Dengan Macro Excel


Pada posting sebelumnya sudah diulas bagaimana mengekstrak angka dari suatu teks di file excel dengan menggunakan macro. Kali ini dengan teknik yang hampir sama, akan ditunjukkan bagaimana jika huruf yang ingin kita ekstrak dari teks yang memiliki variasi angka dan huruf.

Yang anda perlu lakukan pertama-tama adalah menuliskan script VBA di bawah pada Visual Basic Editor pada Excel Anda:

Function EkstrakHuruf(teks)

For lenstr = 1 To Len(teks)

Select Case Asc(Mid(teks, lenstr, 1))

Case 65 To 90

EkstrakHuruf = EkstrakHuruf & Mid(teks, lenstr, 1)

Case 97 To 122

EkstrakHuruf = EkstrakHuruf & Mid(teks, lenstr, 1)

End Select

Next


End Function


Setelah itu anda tinggal menggunakan formula = EkstrakHuruf(Cell Teks) pada cell dimana anda ingin memperoleh hasil ekstrak huruf dari sebuah teks (seperti contoh gambar diatas).
Lalu lihat hasilnya.. ya anda telah berhasil mengekstrak huruf dari variasi angka dan huruf.

Mudah kan. Jika kita mengerjakan perkerjaan dengan excel tanpa bantuan macro dan formula (Kerja Manual) bisa berjam-jam. Tapi jika kita menguasai Macro, dan Trik-trik Excel Lainnya pekerjaan berjam-jam itu dapat kita selesaikan hanya dalam hitungan menit. Menyenangkan bukan? Selamat Mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar