Home | Sitemap | Excel Tips and Tricks | Technology | Cerita Unik


Welcome to My Blog

Banyak pengguna excel menggunakan salah satu software spreadsheet canggih microsoft ini hanya sebagai alat bantu hitung. Padahal sebenarnya banyak sekali fitur-fitur excel yang sangat bermanfaat apabila kita mengetahuinya. Melalui Blog ini saya ingin berbagi beberapa fitur hebat lain excel pada anda. Selamat Mencoba!

Kamis, 03 September 2009

Apa itu Macro Excel?

Macro adalah sederetan fungsi dan perintah program yang disimpan dalam menu Visual Basic. Microsoft Excel menyediakan fitur untuk merekam aktivitas yang dilakukan oleh penggunanya melalui tools -> macro -> record new macro. Record new macro berguna untuk merekam aktivitas yang dilakukan dan merubahnya menjadi baris-baris program.

Namun macro juga dapat digunakan oleh user untuk membuat perintah atau procedure melalu bahasa VBA atau Visual Basic for Application yang cukup populer, sederhana dan mudah untuk dipelajari. Semakin besar pemahaman anda tentang bahasa VBA maka semakin banyak dan canggih pula prosedur atau perintah-perintah yang dapat anda buat untuk memudahkan perkerjaan anda dengan Microsoft Excel.

Contoh sederhana dari fungsi atau kegunaan macro adalah apabila anda melakukan pekerjaan yang banyak tapi monoton. Dari pada anda membuang-buang waktu dengan mengerjakan pekerjaan yang monoton secara manul, kenapa anda tidak merekamnya saja dengan macro kemudian melakukan sedikit modifikasi. Pekerjaan yang sebelumnya dikerjakan berjam-jam dapat selesai hanya dengan sekali klik. Contoh lain adalah apabila anda ingin membuat fungsi yang belum tersedia pada fungsi standard yang disediakan oleh excel, maka anda dapat membuat fungsi yang anda inginkan melalui Macro berupa User Defined Function (UDF).

Untuk dapat menggunakan macro, anda harus terlebih dahulu melakukan setting terhadap macro security level pada Microsoft Excel anda. Caranya adalah melalui tools -> macro -> security lalu set security level pada level Medium. Jangan gunakan low apabila anda sering menerima file dalam bentuk excel karena kemungkinan anda mendapat file excel yang mengandung virus macro menjadi sangat tinggi. Dengan level medium anda dapat menentukan apakah anda akan meng-Enable atau Disable macro yang terdapat pada file excel yang akan anda buka. Namun jika macro security level anda di set pada level Low maka anda tidak akan mendapat pemberitahuan bahwa file yang akan anda buka berisi macro atau tidak.



Pada posting berikutnya akan dijelaskan bagaimana membuat dan menjalankan macro pada File Microsoft Excel anda.

8 komentar:

  1. Kalo nggak dipraktekin langsung pasti bingung gan..

    BalasHapus
  2. jiah segitu aja, lanjutnnya mana neh???

    BalasHapus
  3. kk apakah macro excel bisa di pakai untuk bermain point blank

    BalasHapus
  4. jadi pengen belajar macro neh..., kayaknya saya harus siap berkerut jidat ya... he...he.. salam kenal

    BalasHapus

Baca Juga