Home | Sitemap | Excel Tips and Tricks | Technology | Cerita Unik


Welcome to My Blog

Banyak pengguna excel menggunakan salah satu software spreadsheet canggih microsoft ini hanya sebagai alat bantu hitung. Padahal sebenarnya banyak sekali fitur-fitur excel yang sangat bermanfaat apabila kita mengetahuinya. Melalui Blog ini saya ingin berbagi beberapa fitur hebat lain excel pada anda. Selamat Mencoba!

Selasa, 01 September 2009

Cell Berisi Angka Ditampilkan Dalam Format Teks

Seringkali muncul pertanyaan bagaimana jika kita ingin menambahkan huruf pada suatu sel yang berisi angka namun excel tetap membacanya sebagai sebuah angka. Misalkan kita ingin menambahkan satuan Kg, M, Sqm, PCS dan lain sebagainya. Saya akan menunjukkan salah satu solusinya.

1. Buatlah sebuah worksheet dengan tabel seperti dibawah ini:




Jika anda perhatikan bahwa pada sel B2 sampai dengan B4 berisi angka dengan format sel berupa number. Formula pada sel B6 adalah =sum(B2:B5) yang berarti total quantity dari item-item diatasnya, dan nilainya adalah 33.

Pertanyaannya adalah bagaimana jika kita ingin merubah quantity sabun pada sel B2 menjadi 10 PCS namun tidak merubah hasil Total pada sel B6.

2. Letakkan posisi kursor pada sel B2. Lalu masuklah ke menu Format -> Cell -> Number lalu Pilihlah Custom.



pada Tab Type anda ketikkan dibelakan angka nol dengan P\C\S sehingga formatnya menjadi 0 P\C\S lalu tekan OK.



maka hasil pada sel B2 menjadi seperti pada gambar diatas.

Anda perhatikan bahwa angka Total di Sel B6 tetap sebesar 33 yang artinya Excel tetap menganggap kata-kata 10 PCS pada sel B2 sebagai angka 10. Selamat Mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar