Home | Sitemap | Excel Tips and Tricks | Technology | Cerita Unik


Welcome to My Blog

Banyak pengguna excel menggunakan salah satu software spreadsheet canggih microsoft ini hanya sebagai alat bantu hitung. Padahal sebenarnya banyak sekali fitur-fitur excel yang sangat bermanfaat apabila kita mengetahuinya. Melalui Blog ini saya ingin berbagi beberapa fitur hebat lain excel pada anda. Selamat Mencoba!

Minggu, 06 September 2009

Bagaimana Membuat dan Menjalankan Macro Excel? (1)

Sebenarnya terdapat dua cara untuk membuat macro di Microsoft Excel, yang pertama adalah dengan merekam aktivitas yang telah kita jalankan pada worksheet, sedangkan yang kedua adalah dengan membuat sendiri perintah macro pada pada Visual Basic Editor yang telah disediakan pada Microsoft Excel anda. Tapi akan dijelaskan terlebih dahulu toolbar yang akan digunakan dalam menjalankan atau membuat macro.


Toolbar pada gambar diatas adalah toolbar visual basic. Toolbar ini dapat anda munculkan dengan mencentang pada kotak opsi visual basic ( Tools -> Customize -> Toolbar -> Visual Basic ).

Keterangan gambar :

1. Run Macro, untuk menjalankan macro yang telah direkam atau dibuat. Jika anda mengklik tombol ini maka akan muncul jendela listing macro.
2. Record Macro, untuk merekam aktivitas yang akan anda lakukan pada worksheet anda kedalam sebuah prosedur program atau macro.
3. Visual Basic Editor, berfungsi untuk membuka jendela Visual Basic Editor yang akan digunakan untuk melihat listing program yang telah dibuat oleh Record Macro atau untuk membuat macro dengan listing program yang akan dibuat sendiri.
4. Control Tool Box, berisi bermacam-macam Control Tool yang dapat diguanakan untuk membuat form, membuat combo box, input box, text box dan lain sebagainya.
5. Design View or Exit Design View, opsi untuk memilih apakah kita akan bekerja dengan macro atau tidak. Apabila kita telah selesai mengedit listing program pada Jendela Visual Basic Editor, maka klik Tombol Exit Design View ini untuk mulai menjalankan macro.

Merekam Macro
Cara menggunakan fitur macro yang paling sederhana adalah dengan merekam aktivitas yang kita lakukan. Perhatikan contoh kecil berikut:

1. Pertama-tama masukklah ke menu Tools -> Macro -> Record Macro. Lalu akan muncul jendela Record Macro. Pada isian Macro Name anda isikan nama macro sesuai yang anda inginkan sesuai default maka akan muncul nama Macro1. Pada isian Shortcut anda dapat isikan misalnya "t" (tanpa tanda kutip). Maksudnya shortcut untuk menjalankan Macro1 nantinya adalah CTRL + t. Lalu Tekan OK.

2. Pada worksheet anda buatlah seperti pada gambar dibawah ini:




3. Apabila anda telah selesai membuat seperti pada gambar diatas maka masuklah pada menu Tools -> Macro -> Stop Recording.

4. Sekarang hapus yang telah anda tulis tadi, sampai benar2 bersih lalu tekan tombol Run Macro maka akan terlihat list dari macro yang ada, yaitu Macro1. Lalu klik Run. Excel akan melakukan apa yang telah anda rekam sebelumnya.

Bersambung.

1 komentar:

  1. hmm, senang menemukan blog ini, adakah rumus untuk in out barang harian yg flow chartnya tinggi? send to priatminariti@yahoo.co.id, trims

    BalasHapus

Baca Juga