Home | Sitemap | Excel Tips and Tricks | Technology | Cerita Unik


Welcome to My Blog

Banyak pengguna excel menggunakan salah satu software spreadsheet canggih microsoft ini hanya sebagai alat bantu hitung. Padahal sebenarnya banyak sekali fitur-fitur excel yang sangat bermanfaat apabila kita mengetahuinya. Melalui Blog ini saya ingin berbagi beberapa fitur hebat lain excel pada anda. Selamat Mencoba!

Selasa, 01 September 2009

Penyesuaian Otomatis Nilai Sel Melalui Tool Goal Seek

Fungsi Goal Seek adalah untuk menyesuaikan secara otomatis nilai sebuah sel, untuk memperoleh nilai yang telah ditentukan atau diinginkan pada sel yang lain. Simak trik berikut:

1. Buatlah sebuah worksheet seperti berikut dibawah



2. Masukkan Rumus pada sel B8 =B3*(B4-B5)-B6 yang artinya Angka Profit merupakan Sales Volume dikalikan dengan Price per Pcs dikurangi variabel cost lalu hasilnya dikurangi dengan fix cost.

Yang menjadi pertanyaan adalah apabila anda menginginkan profit sebesar $50.000 maka berapakah Sales Volume yang harus dimiliki?

3. Pada Worksheet anda klik lah menu Tools -> Goal Seek maka akan muncul jendela goal seek seperti berikut:



4. Masukkan pada "Set Cell:" B8 ini berarti hasil yang anda harapkan atau target sel-nya adalah sel B8 atau profit. Masukkan pada "To Value:" 50000 ini berarti hasil yang anda harapkan pada sel B8 adalah sebesar 50.000. Lalu masukkan pada "By changing cell:" B3 yang artinya nilai yang ingin disesuaikan adalah nilai pada sel B3. Tekan OK.

5. Maka akan muncul pesan seperti dibawah:



maka pada sel B3 akan muncul nilai 2000 yang berarti sales volume yang diperlukan untuk memperoleh profit sebesar 50.000 adalah 2.000 pcs.

Selamat Mencoba.

1 komentar:

  1. OK...bisa dikatakan Goal seek adl konsep sederhana dari SOLVER

    BalasHapus